11 Tanaman Obat Populer Yang Ada di Rumah

11 Tanaman Obat Populer Yang Ada di Rumah – Tanaman obat tak boleh diragukan manfaatnya sebelum menggunakan obat dokter tentu ternyata banyak orang indonesia yang sudah lebih dulu mencoba melakukan pengobatan menggunakan tanaman obat.

Sebelum menggunakan obat dokter, nyatanya sudah banyak orang indonesia yang lebih dulu mencoba melakukan pengobatan menggunakan tanaman obat, obat herbal tersebut memiliki ribuan jenis spesies. Kami akan memberikan informasi kesehatan dan kecantikan ini untuk Anda dengan lengkap.

Dari total sekitar 40 ribu jenis obat tradisional yang telah dikenal di dunia ternyata 30 ribu ada di indonesia, meski demikian ternyata hanya ada sekitar 9 ribu spesies obat herbal yang diduga memiliki manfaat bagi kesehatan

11 Tanaman Obat Populer Yang Ada di Rumah

Sesuai dengan namanya, tanaman obat ini adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut seperti daun, batang, buah, umbi hingga akarnya digunakan sebagai obat, bahan atau ramuan dari obat-obatan.

Manfaat dari tanaman obat sendiri bisa berasal dari akar, batang hingga daunnya dan tak ayal apabila dari satu jenis tanaman obat sudah dapat memiliki khasiat yang berbeda dalam mengobati berbagai macam penyakit. Nah, untuk itu kalian bisa simak beberapa tanamna obat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh ialah sebagai berikut.

Jahe

Jahe ialah salah satu tanaman obat populer lantaran telah dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehata, jahe juga mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut dan mual muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid hingga meredakan nyeri sendi seperti rematik dan osteoarthritis.

Jahe ini aman digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan dan kalian sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 5 gram atau setara 1 sendok teh setiap harinya.

Kunyit

Kunyit umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, jamu, hingga kecantikan dimana manfaat kunyit ini tak terlepas dari zat kurkumin yang terkandung di dalamnya dimana manfaatnya mulai dari fungsinya sebagai antiradang dan antioksidan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah dll.

Kunyit ini juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dimana ada efek samping dari mengkonsumsi kunyit berlebihan dapat memicu kenaikan asam berlebih, selain itu kunyit yang terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan masalah pendarahan.

Lengkuas

Lengkuas atau dikenal pula dengan nama laos ini mengandung galangin, betasitosterol, dan flavonoid lainnya yang baik bagi tubuh, selain itu rempah alami ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat dan karbohidrat.

Beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan ialah sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

Kencur

Tanaman obat populer lainnya ialah rempah alami yang memiliki nama kencur dimana kencur ini masih satu keluarga dengan jahe sehingga banyak orang keliru dalam membedakannya.

Sebagai obat untuk tradisional yang populer ternyata kencur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh juga memperlancar haid untuk wanita serta mengatasi gangguan kesehatan yaitu flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala dan juga radang lambung.

Temulawak

Temulawak ialah jenis obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti IBS, perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung dan temulawak ini juga seringkali dipakai sebagai penambah nafsu makan.

Tapi, temulawak juga punya efek samping jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, yakni bisa menyebabkan iritasi pada lambung hingga muntah.

Lidah Buaya

Lidah buaya ini ialah tanaman obat populer lain yang tak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan, melainkan juga kecantikan dimana manfaat lidah buaya ini bisa didapatkan dengan cara mengoleskannya ke kulit atau mengkonsumsinya.

Beberapa manfaat lidah buaya ialah menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut juga mengobati jerawat.

Daun Kumis Kucing

Mungkin seringkali melihat tanaman kumis kucing ini di pekarang rumah, dimana kumis kucing umumnya kerap digunakan sebagai salah satu obat herbal yang ditanam di rumah, jenis tanaman ini sering digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan secara umumt seperti penyakit ginjal, radang kandung kemih, diabetes dan asam urat.

Daun kumis kucing ini juga dikenal ampuh mengobati kencing batu dan melancarkan saluran kencing dimana kumis kucing bersifat diuretik yang bisa memicu peningkatkan produksi urin.

Daun Kemangi

Bagi beberapa orang, daun kemangi ini sering dijadikan sebagai lalapan atau makanan pelengkap yang berfungsi menambah aroma pada makanan, tapi ternyata kemangi ini juga bisa digunakan sebagai tanamna obat populer yang bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan ialah meringankan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini punya vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dimana mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko faktor penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kesehatan kulit.

Umumnya, jeruk nipis ini aman untuk dikonsumsi akan tetapi asam yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan rasa perih, terutama bila terkena luka terbuka di mulut seperti sariawan atau bibir pecah-pecah.

Daun Sirih

Daun sirih ini sudha ada sejak zaman dahulu dan digunakan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, daun sirih juga mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat di dalamnya.

Selain itu, daun sirih juga mengandung sejumlah zat kimiawi seperti minyak sirih, chavicol, betelphenol, eugenol, terpene dan campene dan inilah yang membuat daun sirih dikenal sebagai tanaman obat dalam membantu pengobatan berbagai macam penyakit.

Kapulaga

Tanaman rempah kapulaga ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak untuk makanan timur tengah, ternyata tidak hanya itu dimana buah, batang hingga akar dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk obat herbal keluarga yang alami

Kapulaga sendiri disebut sebut memiliki manfaat diuretik yakni melancarkan keluarnya air seni sehingga baik untuk kesehatan ginjal, selain itu bagian biji bisa dimanfaatkan untuk hipertensi,susah buang air besar dan diare, serta gangguan pencernaan.

Sebelum memutuskan menggunakan obat herbal dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit perlu diketahui bahwa tanaman obat tradisional tidak dapat menggantikan pengobatan medis dari dokter.

Jika Anda ingin mengolahnya sebagai jamu, sebaiknya konsultasi dengan dokter mengenai pertimbangan baik buruknya sesuai dengan kondisi dan pastikan kalian tidak memiliki alergi terhadap tanaman obat guna menghindari reaksi alergi tentunya untuk mencoba 11 Tanaman Obat Populer Yang Ada di Rumah

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.