10 Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh – Popularitas keju di indonesia sedang dalam puncaknya dimana makanan olahan susu ini bisa dengan mudah kita temui pada makanan atau minuman populer saat ini.

Banyak orang yang menyukai keju karena rasanya yang unik, tapi ada juga yang tidak menyukai keju karena bikin mual atau tidak cocok dengan seleranya dimana beberapa orang bahkan menghindari keju karena dianggap dapat membuat gemuk.

Padahal keju juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, berbagai nutrisi ini mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Keju sendiri merupakan sebuah makanan yang dihasilkan dari memisahkan zat zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi dimana proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet

Dimana hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara dimana dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju, dimana produk produk keju ini bervariasi, ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan juga proses pematangan keju dan pengawetan.

10 Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh

Keju terdiri dari berbagai jenis, dimana makanan olahan susu sering dijadikan sebagai cemilan, isian roti atau ditambahkan ke dalam makanan dan keju merupakan sumber protein dan kalsium, serta mengandung lemak dan natrium yang tinggi.

Umumnya hewan yang dijadikan sumber air susu ialah sapi, air susu unta, kambing, domba, kuda atau kerbau yang digunakan pada beberapa tipe keju lokal dimana makanan ini dikenal di seluruh dunia tapi diduga pertama kali dikenal di daerah sekitaran timur tengah.

Pertanyaannya adalah apa saja manfaat keju untuk kesehatan tubuh? tentunya kalian bisa dapatkan beberapa manfaat keju ialah informasinya sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Gigi

Keju dapat menjaga kesehatan gigi dimana kalsium yang ada pada keju ini memainkan peran yang cukup penting dalam pembentukan gigi, selain itu makan keju ini juga bisa meningkatkan tingkat pH dalam plak gigi dan memberi perlindungan pada gigi berlubang.

Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Para ilmuwan menemukan bahwa sifat antioksidan yang dimiliki keju bisa melindungi tubuh dari efek ngetafi dimana suatu studi juga menunjukan bahwa pembuluh darah orang yang mengkonsumsi keju susu berfungsi lebih baik daripada orang yang mengkonsumsi pretzel.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium, protein, magnesium, zinc, vitamin A, D, dan K yang terdapat dalam keju bisa mendorong perkembangan tulang yang sehat pada anak anak dan dewasa muda, selain itu mengkonsumsi keju juga bisa membantu mencegah osteoporosis.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Orang yang mengkonsumsi lebih banyak keju memiliki tekanan darah yang rendah, kalisum dalam keju juga bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Akan tetapi pilihlah keju dengan lemak yang rendah dan natrium, seperti keju cottage atau parmesan sebab keju yang tinggi natrium dikhawatirkan malah membuat tekanan darah menjadi tinggi.

Baik Untuk Pencernaan dan Kolesterol

Keju merupakan makanan fermentasi yang membantu meningkatkan bakteri usus sehat, hal ini baik untuk kesehatan pencernaan dan keju juga memiliki pengaruh positif terhadap kadar kolesterol darah.

Membantu Kesehatan Otak dan Sistem Kardiovaskular

Beberapa jenis keju, terutama yang terbuat dari susu sapi, mengandung asam lemak omega 3, kandungan asam lemak omega 3 tersebut diyakini bermanfaat untuk kesehatan otak dan baik untuk sistem kardiovaskular.

Membentuk Sel Tubuh Yang Sehat

Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel sel tubuh, protein yang terkandung dalam keju juga bisa membantu membentuk sel tubuh yang sehat, akan tetapi jumlah protein yang direkomendasikan setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, berat badan dan tingkat aktivitas.

Membantu Diet

Susu merupakan sumber kalsium dan potasium yang berguna sebagai mineral yang berperan penting menjaga tekanan darah dan susu yang menjadi bahan dasar keju juga merupakan sumber protein yang dapat menjaga perut untuk tetap kenyang selama beberapa saat sehingga menghindari kemungkinan makan berlebih.

Membuat Kulit Berkilau

Kulit sehat diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum perempuan dimana khasiat keju dapat membantu kulit bercahaya berkat kandungan keju seperti vitamin B yang membantu metabolisme sel dan pertumbuhan sel dan menjadikan kulit bercahaya dan membantu menghilangkan noda di kulit.

Melancarkan Kehamilan

Khasiat keju juga bisa melancarkan kehamilan karena kandungan kalsium dalam keju sangat baik untuk wanita hamil dan ini membantu merangsang kontraksi selama persalinan dimana kandungan tersebut juga berguna dalam menghasilkan asi yang tepat dalam memberi makan bayi.

Resiko Mengkonsumsi Keju

Sebagian orang sensitif terhadap sehingga disarankan untuk membatasi atau bahkan tidak mengkonsumsinya dimana keju mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna oleh orang yang menderita intoleransi laktosa dimana hal ini terjadi karena tubuhnya kekurangan enzim yang dapat memecah laktosa tersebut.

Oleh sebab itu mengkonsumsi laktosa pun dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut bergas dan kembung, akan tetapi beberapa varian keju memiliki kadar laktosa yang sangat rendah sehingga orang yang intoleransi laktosa mungkin dapat mencicipnya sedikit.

Selain intoleransi laktosa ada juga orang yang alergi kasein yakni protein utama dalam susu yang juga ada di keju dimana gejala alergi seperti gatal, ruam batuk atau lainnya bisa saja terjadi.

10 Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh aslei

Keju juga merupakan makanan padat kalori jadi sebaiknya batasi mengkonsumsi keju bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan karena kandungan lemak dalam keju terutama lemak jenuh dapat meningkatkan resiko diabetes, obesitas, dan masala h kardiovaskular jika kalian mengkonsumsinya secara berlebihan.

Selain itu juga keju tidak mengandung serat dan bisa menyebabkan sembelit bila susunya dipasteurisasi secara berlebihan dimana pastikan bahwa kondisi Anda baik baik saja untuk mengkonsumsi keju dan jangan memakannya berlebihan.

Keju memiliki hampir dari semua kandungan nutrisi pada susu seperti protein, vitamin, mineral, kalsium dan fosfor tapi juga lemak dan kolesterol yang bisa menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan, dimana besaran kandungan lemak dalam keju tergantung pada jenis susu yang digunakan.

Keju yang dibuat dari susu murni atau sudah ditambah dengan krim tentu memiliki kandungan lemak, kolesterold an kalori yang tinggi dimana keju juga bisa bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena membutuhkan protein yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Banyak anak anak juga menggemari keju, lemak pada untuk kepada anak mereka dan jangan khawatr menurut asosiasi dokter anak keju dapat diberikan ketika mereka memasuki usia 6 tahun dan jangan lupa untuk menyesuaikan tekstur berdasarkan kemampuan anak mengkonsumsi makanan padat.

Nah, gimana? sekarang kalian sudah tahu bukan mengenai beberapa manfaat dari keju yang sangat luar biasa dan tentu sekarang kalian bisa buktikan dan dapatkan langsung manfaat mengkonsumsi keju dari 10 Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *